Mengapa Islam Melarang Meniup Makanan atau Minuman?

Islam is perfect.. hal terkecil maupun berbagai hal lain yang kita anggap sepele, diatur dalam Islam, misalnya saja untuk memotong kuku.. ada aturannya juga, masih teringat benar sampai sekarang saat itu guru agama menjelaskan bagaimana cara memotong kuku.. dimulai dari jari tengah tangan kanan, bergerak ke jari manis dan kelingking, ibujari , dan telunjuk, then ganti tangan kiri mulai dari ibu jari berurut sampai kelingking, nah,, selanjutnya pindah ke kelingking kaki kanan bergerak berurut sampai kelingking kaki kiri.. Nah untuk aturan potong kuku ini, saya belom tau manfaatnya apa. Mungkin diantara pembaca ada yang mengetahuinya, tolong ditanggapi ya?

Bagaimana saat makan dan minum pun ada aturan mainnya, ga boleh berdiri saat makan maupun minum, kalo minum jangan langsung sekali teguk, dan juga jangan meniup makanan atau minuman. Sebagaimana dalam hadits, Ibnu Abbas menuturkan

“Bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya”. (HR. At Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani).


Barusan saya baca dari milis, dari situlah saya tau mengapa kita dilarang meniup makanan. Bersumber pada salah satu milis kimia di Indonesia, ternyata, saat kita meniup makanan atau minuman, tiupan kita itu mengeluarkan gas CO2 yaitu karbon dioksida, yang apabila bercampur dengan air (H20), akan menjadi H2CO3 (asam karbonat), yaitu sama dengan cuka, menyebabkan minuman itu menjadi acidic. Begitu pula dengan minum dalam sekali teguk, dalam sekali tegukan itu ada kemungkinan kita bernapas dan menghembuskannya saat kita minum, dan reaksi kimia di atas terjadi.

Subhanallah ya.. Selalu ada hikmah di balik semua aturan Islam.

Author: asa

Green lover ;)

4 thoughts on “Mengapa Islam Melarang Meniup Makanan atau Minuman?”

  1. subhanallah, asa aku baru tau. insya Allah, ga akan niup minuman lagi deh.
    selama ini cuma denger, jangan niup minuman, tapi ga tau dasarnya apa. jangan2 dhoif, eh sekarang ada sebabnya.

    Jazakillah, asa. aku link ya, artikel ini di blok ku biar dipublikasikan lebih luas?

    btw, urutan gunting kuku? mmm… no comment deh 😐

  2. ass.wr.wb. isi tulisannya bagus. jadi pengen cepet2ngasih tau bapak deh. dia tuh hobi banget minum minuman yang panasnya harus dari atas kompor kalo nggak dibilangnya udah dingin. pas lagi panas2banget itu terus dititup-tiup deh. tapi namanya orang tua, kalo dikasih tau nggak ada fakta yang bisa dijadiin bukti pasti omongan aku nggak akan didenger deh. thanks ya… insya allah bermanfaat… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s