Jangan Takut Masuk UI!!!

Hmm.. jadi terinspirasi untuk menulis di blog ini setelah hari jumat kemarin mewawancarai Pak Kamaruddin. Beliau manager kemahasiswaan UI. Ya.. jumat sore, saya dan Meirna ke rumah beliau, kami bermaksud menanyakan berbagai hal mengenai beasiswa di UI terutama yang sedang jadi issue saat ini yaitu Beasiswa Seribu Anak Bangsa dan Sistem Pembiayaan Berkeadilan untuk dijadikan salah satu content “Koran Kampus” edisi bulan depan. Subhanallah, beliau sangat welcome dengan mahasiswa.. saat itu , kami merasa merepotkan saja, mulai dari dibuatkan minum oleh beliau sendiri karena istri beliau sedang tidak ada di rumah karena ada agenda seminar, dan bahkan ketika pulang, kami dicarikan becak untuk menuju depan perumahan.. syukron JazakAllah Pak..

Mulai semester gasal 2008/2009, UI menerapkan konsep Sistem Pembiayaan Berkeadilan bagi mahasiswa baru yang masuk UI, baik melalui jalur PPKB, UMB, maupun SNMPTN. Artinya, bagi setiap mahasiswa baru nanti, besaran BOP (Biaya Operasional Pendidikan) yang dibebankan per semester akan berbeda untuk masing-masing mahasiswa. Kenapa beda? Inilah yang dinamakan Pembiayaan Berkeadilan. Sebelumnya, besar BOP yang dibebankan bagi semua mahasiswa UI sama, 1.5 juta untuk fakultas eksak, dan 1.3 untuk noneksakta. Entah apa pekerjaan orangtua mahasiswa itu sendiri, dari seorang Direktur Utama sampai orangtua yang penghasilannya tak tetap, BOP yang harus dibayar sama besar, tak adil kan? Nah, mulai semester depan, BOP yang dibebankan kepada setiap mahasiswa baru, akan disesuaikan dengan besar penghasilam orang tua mahasiswa, dengan range besaran BOP untuk fakultas eksak sebesar 100 ribu sampai 7,5 juta sedangkan untuk fakultas noneksak, range-nya mulai 100 ribu sampai 5 juta. Nantinya, per tahunnya setiap mahasiswa akan di-update data pribadi mereka mengenai besar penghasilan ortu mereka baik dari pekerjaan formal maupun yang non-formal (take home pay), rekening listrik, rekening telepon, dsb untuk menentukan berapa besar BOP yang dibebankan. Tentu saja dibutuhkan kejujuran untuk mengimplementasikan itu semua, ada sanksi bagi mereka yang diketahui memberikan data yang tak sesuai fakta : BOP mereka akan dinaikkan menjadi 2x lipat. So, be honest ya!!

Nah, bagi blogger yang tahun ini mengikuti UMB ataupun SNMPTN, ayo siapkan kemampuan akademik terbaik kalian agar bisa masuk UI, ga usah mikirin biaya.. rektor UI udah berkomitmen kok, bahwa tak akan ada mahasiswa UI yang dikeluarkan akibat tidak mampu membayar BOP. Ganbatte yo!!! Be sure that by doa, usaha, ikhlas, dan tawakkal insyaAllah kalian bisa 🙂

Author: asa

Green lover ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s