Imanlah yang Membuat Kita Mampu… (Part 1)

Mood menulis kembali muncul nih! 🙂  udah lama berniat membuat postingan baru tapi tertunda-tunda teruss..  Now, I’m back guys! 😛

Hhe Part 1? Emang ada kelanjutannya?  Let’s see!  monggo dibaca dulu *sigh

Kebetulan lagi ada ide untuk ngebahas “sabar dan syukur”.  Beberapa kejadian akhir-akhir ini, benar-benar menguji sejauh mana kesabaran yang ada pada diri. Masih dangkalkah? Sudah dalamkah? Atau belum cukup dalam? Hanya Allah yang tau pastinya J. Atas skenario-Nya  melalui kejadian2 kemarin, saya juga tersadarkan bahwa sudah selayaknya saya bersyukur.  “Nikmat-Nya yang manakah yang akan kamu dustakan?”  Hikmah itu muncul saat berinteraksi dengan kawan, abang ojek, OB, bahkan orang yg sebelumnya ga pernah dikenal… Alhamdulillah, ada saja perantara Allah untuk mengingatkan diri kita kepada-Nya.

Sabar dan syukur itu bak dua sisi mata uang yang  ga bisa dipisahkan bagi orang-orang yang beriman.  Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh menakjubkan perkara orang yang beriman, karena segala perkaranya adalah baik. Jika ia mendapatkan kenikmatan, ia bersyukur karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut adalah baik baginya. Dan jika ia tertimpa musibah atau kesulitan, ia bersabar karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut adalah baik baginya.” (HR. Muslim).

Subhanallah, semoga kita semua termasuk ke dalam golongan ahli syukur dan sabar yaa.. aamiin.  Kali ini, saya bahas ttg “sabar”,  “syukur” nya  insya Allah menyusul next  part 2 aja ya  🙂

Tulisan ini tak ada maksud untuk menggurui,  tapi justru melalui tulisan ini, saya belajar dan mengabadikan apa yang saya pahami, dan semoga nantinya ada manfaat bagi yang membacanya.. aamiinn.

OK, sabar itu apa si? Sabar itu berasa banget sulit dilakukan kalau kita sudah terbakar emosi, pengen banget marahin orang, dalam hati bergejolak pengen numpahin kemarahan, tapi refleks hati kecil n nurani berkata sabar sabar sabar, jangan turuti emosi. Huffhhhh itu berasa banget, dengan istighfar insyaAllah hati yang lagi bergejolak itu bisa segera tenang…  Atau dikala  kita menginginkan sesuatu, tapi apa daya tangan belum sampai meraihnya, kadang kita hanya bisa menangis dan mengadu pada-Nya ketika gejolak hati untuk memperoleh keinginan itu sedang tinggi-tingginya.. yaa sabar sabar dan sabar, hati kecil kita berkata itu lagi.  Ketika dihadapkan pada suatu musibah, cobaan, kesulitan, dan sejenisnya,  sebagai orang mukmin kita harus bisa bersabar dan tawakkal, namun ikhtiar tetap jalan terus. Ibnul Qoyyim dalam kitabnya Madarijus Salikin mengatakan bahwa “Sabar adalah menahan jiwa dari keluh kesah dan marah, menahan lisan dari mengeluh serta menahan anggota badan dari berbuat tasywisy (tidak lurus). Sabar ada tiga macam, yaitu sabar dalam berbuat ketaatan kepada Allah, sabar dari maksiat, dan sabar dari cobaan Allah.”

Bagaimana kita bisa bertahan untuk selalu bersabar? Dengan mengingat janji Allah dalam firman-Nya dalam Al-Quran dan senantiasa berbaik sangka kepada-Nya, insya Allah kita kuat dan tegar untuk selalu bersabar dalam menghadapi segala kesulitan yang terjadi. Berikut ini beberapa firman Allah yang memerintahkan kita untuk bersabar dan juga memberikan kabar gembira bagi orang-orang yang sabar:

1. QS. Al-Baqarah: 153

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar” 

2. QS. Ali-Imran: 200

Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu…”

3. QS. An-Nahl: 127

Dan bersabarlah engkau dan tidaklah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah bersedih terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah merasa sempit terhadap apa yang mereka tipu dayakan.

 4. QS. Al-Kahfi: 28

Dan bersabarlah engkau bersama orang-orang yang menyeru Rabb mereka di waktu pagi dan senja dengan mengharap Wajah-Nya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka karena mengharapkan perhiasan kehidupan dunia.

5. QS. Al-Baqarah: 177

“…, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang yang benar (imannya). Dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

6. QS. Ali-Imran: 146

…, dan Allah itu mencintai orang-orang yang sabar.”

7. QS. Al-Anfal: 46

Bersabarlah kalian, sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar.”

8. QS. Al-Imran: 125

Ya, jika kamu bersabar dan bertaqwa, dan jika mereka menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.

9. QS. Al-Baqarah: 156-157

(Orang-orang yang sabar itu) adalah bila mereka ditimpakan musibah, seraya mereka berkata: ‘Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya-lah kami kembali.’ Mereka itulah yang mendapat shalawat dan rahmat dari Rabb mereka. Dan mereka itulah orang-orang yang mendapat hidayah (petunjuk).”

10. QS. Az-Zumar: 10

Sesungguhnya orang-orang yang bersabarlah yang akan dipenuhi ganjaran mereka tanpa batas.”

11. QS. Hud: 11

…, kecuali orang-orang yang bersabar dan beramal shalih, mereka itulah yang akan mendapatkan ampunan dan ganjaran yang besar.

12. QS Al-Furqan: 75

Mereka (orang-orang yang sabar) itulah yang akan dibalas dengan martabat yang tinggi (dalam al-jannah) dikarenakan kesabaran mereka, dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.

 13. QS An-Nisa: 25

…, kalau seandainya kalian mau bersabar, sungguh itu berakibat lebih baik bagi orang-orang yang sabar.”

 

Beberapa sabda Rasulullah dan para sahabat ttg kesabaran:

~ Ketahuilah olehmu! Bahwasannya datangnya pertolongan itu bersama dengan kesabaran.” (HR. At Tirmiari shahabat Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma)

~ Umar bin Al Khattab radhiallahu ‘anhu berkata: “Tidaklah seseorang dikaruniai sesuatu yang lebih luas dan baik dibandingkan kesabaran”. Beliau juga berkata: “Sebaik-baik kehidupan yang kami rasakan adalah dengan kesabaran. Kalau sekiranya sabar itu ada pada salah seorang niscaya ia akan menjadi orang mulia.”

~ ‘Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu berkata: Posisi kesabaran dalam iman seperti posisi kepala dalam tubuh”

 

Subhanallah, itulah janji Allah bagi orang-orang yang sabar. Allah tidak akan mengingkari janji-Nya. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang – orang yang sabar dan mendapatkan ridho-Nya amiinnn.

Ketika kita ditimpa musibah, ada kalimat yang dianjurkan untuk kita baca, yakni kalimat istirja’ (pernyataan kembali kepada Allah subhanahu wata’ala) >> “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un”

Kalimat istirja’ akan lebih sempurna lagi jika ditambah setelahnya dengan do’a yang diajarkan oleh baginda nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam:

للَّهُمَّ أَجِرْنِي فِي مُصِيْبَتِي وَاخْلُفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا

 “Ya Allah, berilah ganjaran atas musibah yang menimpaku dan gantilah musibah itu yang lebih baik bagiku.
Barangsiapa yang membaca kalimat istirja’ dan berdo’a dengan do’a di atas niscaya Allah subhanahu wata’ala akan menggantikan musibah yang menimpanya dengan sesuatu yang lebih baik. Sebagaimana hadits riwayat Al Imam Muslim 3/918 dari shahabiyah Ummu Salamah radhiallahu’anha.
Suatu ketika Ummu Salamah ditinggal suaminya Abu Salamah yang mati syahid di medan perang (jihad). Kemudian beliau mengucapkan do’a ini, sehingga Allah subhanahu wata’ala memenuhi janji-Nya dengan memberikan pendamping (jodoh) baginya dengan sebaik-baik pendamping yaitu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Sesungguhnya Allah subhanahu wata’ala tidak akan mengingkari janji-Nya.

OK, this is it!  Semoga bermanfaat 🙂

Nb: Kumpulan ayat-ayat dan doa ttg sabar, saya ambil dari link ini >> http://akhwat.web.id/muslimah-salafiyah/akhlak-adab/kedudukan-dan-keutamaan-sabar/

Author: asa

Green lover ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s