Salah Satu Rahasia Terkabulnya Doa…

Alhamdulillah bisa kembali nambahin content blog ini. Pengennya sih bisa konsisten nulis hal-hal positif, biar suatu saat, siapa yang membaca blog ini bisa mengambil manfaat dari apa yang disampaikan si penulisnya 🙂 Ya! Semoga bisa, insya Allah… Amiin

Okey, saya mulai saja bahasan kali ini. Beberapa jam lalu, baca2 timeline fb.  Lagi iseng2 scroll down melihat status fb temen2, dan  sampai akhirnya terhenti di status seorang ustad yang saya kagumi, Ust. Muhammad Arifin Ilham. Beliau menuliskan hadits Rasulullah yang berisi tentang manfaat sholat tahajjud. Sepertinya banyak dari kita yang sudah tau ya,, tapi gpp diabadikan saja di blog  ini untuk reminder pribadi dan pembaca  yang sedang terdampar di halaman ini :p

Rasulullah bersabda, “Barang siapa menjaga tahajjud dengan sungguh-sungguh, maka Allah memberinya 9 kemuliaan, 5 di dunia dan 4 di akhirat. Di dunia,

  1. Allah jauhkan dari bencana,
  2. Tanda kesholehan memancar di wajahnya
  3. Akan dicintai oleh hamba Allah yang sholeh pula dan disegani manusia
  4. Bicaranya jadi hikmah berwibawa
  5. Mudah memahami agama Allah

Sedangkan di akhirat,

  1. Bangkit dengan wajah penuh cahaya
  2. Mudah saat hisab
  3. Seperti kilat menyambar melewati shirot
  4. Menerima catatan amal dari sebelah kanan.”

Subhanallah ya,, semoga kita semua diberi kenikmatan untuk bisa merasakan  nikmatnya qiyamul lail.. AMiin

Dari pengalaman yang ada, selain untuk mengharap ridho-Nya, sholat tahajjud itu merupakan salah satu kunci rahasia terkabulnya Doa kita loh. InsyaAllah.. Suatu ketika ada seorang kawan yang bercerita, waktu itu dia sangat ingin untuk memiliki momongan, mengingat usia pernikahannya bisa dikatakan sudah lazim ada momongan. Mereka sudah ikhtiar ke dokter  beberapa kali dan alhamdulillah dinyatakan sehat-sehat saja dan ngga ada masalah. Sampai pada klimaksnya, mereka menyadari bahwa segalanya ada di genggaman Allah dan pasrah atas apa yang menjadi kehendak-Nya. Sahabat itu kemudian berazzam untuk melakukan sholat tahajjud tanpa putus dengan niatan 40 hari minimal. Dan subhanallah, dia konsisten setiap harinya bangun jam 2 dini hari sampai sampai tanpa alarmpun bisa terbangun sendiri jam 2 untuk melakukan qiyamul lail. Dan subhanallah ya, Allah Maha Melihat dan Mendengar, ngga lama setelah konsisten tahajjud tsb, dia mencoba periksa kembali ke dokter  dan alhamdulillahh ternyata dia dinyatakan positif hamil, kalo ngga salah usia kandungannya sudah 2 mingguan. ALhamdulillah,, saya juga ikut senang dan terharu saat  dia bbm-in  kabar bahagia itu :’) Masih banyak pengalaman2 lainnya, yang hikmahnya adalah segala urusan sepertinya dimudahkan-Nya ketika tahajjud dilakukan dengan khusyu dan konsisten.. ya! ketika kita bisa merasakan begitu dekatnya diri kita dengan Sang Khalik di malam yang hikmad, dikala manusia sedang nyenyak-nyenyaknya tidur.

Allah berfirman, Dan pada sebahagian malam hari, kerjakanlah sholat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Robb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Isra:79)

Dari Abu Malik al-Asy’ari Radhiyallahu Anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
“Sesungguhnya di dalam Surga terdapat kamar-kamar yang bagian luarnya terlihat dari dalam dan bagian dalamnya terlihat dari luar. Allah Ta’ala menyediakannya bagi orang yang suka memberi makan, melunakkan perkataan, senantiasa berpuasa, dan shalat malam pada saat manusia tidur.”

Dari Jabir Radhiyallahu Anhu , ia barkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad)

Subhanallah, banyak betul manfaat tahajjud. Pantas saja kalau sholat sunnah ini sangat dianjurkan. Terlebih lagi amalan sunnah yang kita lakukan, bisa menjadi penyempurna ibadah wajib kita, yang mungkin masih belum sempurna. Berikut ini ada tips2 agar kita bisa bangun tahajjud: (tips ini saya peroleh dari link ini )

  1. Biasakan tidur di awal waktu, jangan bergadang untuk hal-hal yang tidak penting.
  2. Bersungguh-sungguh mengamalkan Cara Tidur Rasulullah SAW
  3. Usahakan tidak tidur dalam keadaan berhadats besar, agar tidak malas ketika bangun malam. Jika berhadats, lakukan mandi wajib terlebih dahulu
  4. Janganlah paranoid dan menganggap bahwa bangun di sepertiga malam untuk melakukan sholat tahajud itu sebagai pekerjaan yang berat karena akan berpengaruh pada niat dan kekuatan itu untuk merealisasikannya
  5. Senantiasa menjaga keikhlasan ketika berniat untuk bangun malam dan melakukan sholat tahjud. Dengan niat yang ikhlas, insya Allah akan meringankan pekerjaan yang semula tampak berat.
  6. Cobalah untuk mengenali dan menyesuaikan waktu tidur masing-masing. Bila kita telah tahu berapakah standar waktu tidur kita masing-masing, maka kita akan dapat menentukan jam berapakah kita harus mulai tidur, sehingga kita akan bangun tepat di sepertiga malam. Jika memang ada tugas yang harus diselesaikan dan dibawa pada hari esok, lebih baik dikerjakan selepas melaksanakan sholat tahajud, jangan dikerjakan pada waktu malam (sebelum tidur) yang memakan waktu hingga larut malam dan akhirnya akan membuat kita tidak dapat bangun di sepertiga malam (kesiangan)
  7. Jika memang memungkinkan, usahakan melakukan tidur siang sebentar. Dengan tidur siang, insya Allah akan membuat kita lebih kuat untuk bangun di sepertiga malam dan melakukan sholat sunnah tahajud
  8. Jangan lupa untuk senantiasa memasang alarm, dan letakkan alarm tersebut di tempat yang jauh dari jangkauan tangan namun tetap dapat terdengar dengan jelas (keras) oleh telinga. Dengan demikian, mau atau tidak mau kita akan bangkit dari tempat tidur untuk mematikannya manakala alarm tersebut berbunyi.
  9. Anda juga dapat menggunakan program tahajud missedcall dengan teman-teman anda. Buatlah jadwal berkelanjutan yang telah disepakati bersama untuk mengatur siapa-siapa yang mendapatkan jatah untuk membangunkan
  10. Programlah aktivitas siang hari anda dengan seefisien dan seefektif mungkin, sehingga anda tidak terlalu kelelahan untuk bangun di sepertiga malam untuk melakukan sholat tahajud. Hindari kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting, yang akan menguras stamina anda.
  11. Tanamkanlah kesadaran bahwa anda memiliki kebutuhan jasmani dan ruhani yang harus anda penuhi keduanya dengan seimbang, tidak berat sebelah.
  12. Motivasi diri anda untuk bangun malam dengan cara mempelajari dan mengingat betapa besar keutamaan-keutamaan yang terdapat di dalam sholat tahajud.
  13. Tanamkan rasa rindu untuk senantiasa bermunajat dan berkhalwat dengan Allah SWT.
  14. Hindari maksiat, karena maksiat adalah sumber lemahnya kadar iman dan ibadah kita kepada Allah SWT.
  15. Janganlah makan malam terlampau kenyang, karena perut yang kenyang akan memberikan efek mengantuk dan malas.
  16. Jika anda telah berkeluarga, anda dapat membuat kesepakatan dengan anak dan isteri berupa program sholat tahajud berjamaah, misalnya setiap tiga kali dalam sepekan keluarga wajib melakukan sholat tahajud secara berjamaah.
  17. Jangan lupa untuk senantiasa berdoa dan memohon kepada Allah swt agar diberikan kemudahan untuk bangun malam dan melakukan sholat tahajud dengan ikhlas dan khusyuk.
  18. Untuk memantapkan kedisiplinan diri, anda pun dapat melakukan program “self-punishment” bagi diri anda sendiri, manakala kesiangan atau lupa tidak melaksanakan sholat tahajud. Tentunya, “self-punishment” ini haruslah bersifat mendidik dan tidak terlalu keras. Ketika lupa atau kesiangan sehingga tidak melakukan sholat tahajud, maka anda dapat menghukum diri anda misalnya harus membaca Al Quran sebanyak 2 juz di hari esoknya. 2 juz tersebut dapat anda baca per lima lembar setiap setelah melakukan sholat fardhu.

Bismillahh, yuk niatkan diri untuk bersemangat QIYAMUL LAIL! 🙂

Author: asa

Green lover ;)

3 thoughts on “Salah Satu Rahasia Terkabulnya Doa…”

  1. Saya sdh beberapa thn lumayan rajin tahajud, puasa, dhluha, dzikir tapi nasib saya tdk pernah membaik. hdup saya suram. saya tetap nganggur dan jomblo. saya sering dijahati org. mungkin krn saya bodoh, lemah, pendiam, pemalu shg mengalami nasib spt ini. beda dg org2 di sekitar saya.. meski mrk rajin maksiat dan jarang ibadah tp mrk mudah dpt jodoh dan rejeki, dihargai masyarakat, punya bnyk teman. krn mrk org nya enerjik, mudah bergaul, pandai bicara.

    1. semangat yaa.. Bagus loh Boy berarti sudah introspeksi dan jujur ke diri sendiri, apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan sehingga hidup jadi nampak ga indah. Jangan menyerah dengan kelemahan dan kekurangan itu sob, selama kita masih bernafas, berusahalah untuk memperbaiki kelemahan2 tadi dan tak pernah putus berdoa untuk dimudahkan segala urusan, insyaAllah hasilnya tidak akan mengkhianati proses yang sudah dilakukan. Ganbatte ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s