Imanlah yang Membuat Kita Mampu… (Part 2)

Haii sobat blogger, di malam terang  purnama yang indah ini saya ingin melanjutkan tulisan Part 1 yang lalu..  Kalau Part 1  saya membahas ttg “sabar”, di Part 2 ini saya membahas tentang pasangan serasinya, siapakah dia?? Hayo, mau tau apa mau tau bangeett??  hehe yaa dia adalah “syukur” 🙂

Ada kalanya ketika pikiran sedang kalut, ketika terjadi peristiwa yang tak mengenakkan hati,  kesedihan yang datang tak kunjung pergi,  ketika merasa musibah tiba bertubi-tubi (lebay mode on :P), ketika kecewa akan sesuatu yang terjadi, terbersit pikiran mengapa hidup ini tidak adil? Apakah Allah ngga sayang? Mengapa  Allah tidak adil?? Astaghfirullahh.. buang  jauh-jauh pikiran negatif macam itu. Allah Maha Adil, no doubt about it!  Manage pikiran kita untuk selalu berpikiran positif, salah satunya dengan cara mensyukuri apa yang kita miliki saat ini. Kita sebagai manusia memang seringkali egois, dikala keinginan kita belum terpenuhi, sementara melihat yang lainnya memiliki apa yang kita ingini, saat kekecewaan atas apa yang luput sedang meradang,  terbersitlah pikiran kenapa hidup ini tak adil? Helllooow,  kamu saat ini masih bisa bernapas, masih bisa makan dengan lahapnya, masih bisa tertawa, masih bisa menangis, masih bisa beribadah, dan masih bisa melakukan apapun. Banyak orang di luar sana yang untuk makan saja masih susah, makan apa nanti sore aja ngga tau bisa makan apa ngga karena ngga ada uang,  bahkan mengorek-orek tong sampah untuk mencari makanan sisa untuk dimakan 😦 banyak di luar sana yang terbaring di rumah sakit, untuk bernapas saja memerlukan alat bantuan. Tak sadarkah kita?  Hal-hal kecil itu  merupakan nikmat yang luar biasa sob, Alhamdulillah kita masih bisa menghirup udara pagi yang segar, masih bisa bercanda tawa dengan keluarga dan sahabat, masih bisa beribadah tuk mengumppulkan bekal di akhirat nanti,  dan masih banyak nikmat-nikmat lainnya… Coba luangkan waktu untuk merenungi itu, banyak sekali nikmat-nikmat yang Allah berikan pada kita. Kalaupun saat ini mungkin sedang mendapatkan cobaan, tetaplah bersabar, dan  ingatlah untuk selalu bersyukur atas apa yang sudah Allah berikan, dalam kondisi bagaimanapun.. Bisa jadi cobaan itu menjadi sesuatu yang disyukuri karena insyaAllah ada hikmah dibaliknya.. cobalah buka mata hati kita dan katakan Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah 🙂

syukurr

Cobalah kita renungi dan resapi firman-firman Allah tentang perintah bersyukur. Terdapat banyak sekali ayat-ayat dalam Al-Quran yang membahas tentang syukur, beberapa diantaranya adalah sbg berikut.

Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui. (QS. 4:147)

“Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. (QS. 3:145)

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (ni’mat)-Ku.(QS. 2:152)

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. 31:14)

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”(QS. 14:7)

Bersyukur sudah jelas-jelas adalah perintah dari Allah. Allah tidak pernah mengingkati janjinya, janji Allah akan memberikan balasan bagi orang-orang yang bersyukur. Allah mboten sare sob! Allah Maha Melihat, Maha Mendengar, Maha Mengetahui, dan Allah selalu bersama kita 🙂

Ada salah satu hadits Rasulullah Muhammad saw ttg bersukur yang bagus untuk dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan:

“Dua hal apabila dimiliki oleh seseorang dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang bersyukur dan sabar. Dalam urusan agama (ilmu dan ibadah) dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya. Dalam urusan dunia dia melihat kepada yang lebih bawah, lalu bersyukur kepada Allah bahwa dia masih diberi kelebihan.” (HR. Tirmidzi)

Subhanallah, indahnya bersyukur… So, let’s say ALHAMDULILLAH ^^

 

syukur

 

ps: *Referensi kumpulan dalil-dalil naqli ttg bersyukur yang lebih lengkap ada di sini dan referensi gambar diambil dari sini

 

Author: asa

Green lover ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s