Marhaban Ya Ramadan…. Ayo Siapkan Diri Kita (1439 H)

Hello sob,, insyaAllah 10 hari lagi kita memasuki bulan Ramadhan. Lagi-lagi ga berasa begitu cepatnya waktu berlalu yaa..

Btw sudah Ramadhan keberapa yang kita jalani? Sudah optimalkah kita memanfaatkan bulan istimewa yang di setiap detiknya tersebar  pahala dan keberkahan-keberkahan yang menunggu kita gapai?

Well, kalo kalian merasa jauh dari optimal.. honestly, saya pun merasakan hal yang sama. Please, jadikan masa lalu sebagai pembelajaran. Kita harus prepare dan commit agar Ramadhan tahun ini insyaAllah kita bisa optimal dan do everything  in it excellently! Harapannya, selepas Ramadhan kita bisa menjadi muslim yang jauh lebih baik  dari sebelumnya  setelah kita benar2 menggembleng diri kita selama 30 hari untuk optimalkan ibadah.. Aamiin

Nah salah satu cara agar kita bisa mengoptimalkan Ramadhan kita adalah dengan melakukan persiapan sebelum menjalani Ramadhan dari sekarang juga.  Apa saja sih yang perlu dipersiapkan umtuk menyambut Ramadhan?

Pertama, Persiapan Spiritual : perbanyaklah ibadah (puasa sunnah, baca quran, dzikir, beramal, dll), jaga hati dan pikiran kita agar selalu positif, sabar, ikhlas, dan jauhkan dari segala penyakit hati seperti iri, dengki, dkk.

Screenshot-2018-5-6 Asa Ramdhani ( ramdhaniasa) • Instagram photos and videos

Kedua, Persiapan Akal : perdalam ilmu tentang fiqh puasa dan amalan ibadah di bulan Ramadhan. Kita bisa ikut kajian majelis taklim, mendengarkan kajian via youtube, baca buku, dll yang bisa menambah pengetahuan kita tentang istimewanya bulan Ramadhan dan amalan andalan apa yang harus kita lakukan.

screenshot-2018-5-6-asa-ramdhani-ramdhaniasa-e280a2-instagram-photos-and-videos1.png

Ketiga, Persiapan Fisik : agar kita dalam kondisi prima menjalani bulan Ramadhan, perbanyaklah olahraga dan makan makanan sehat seperti buah dan sayuran. Jika badan kita sehat, menjalani puasa Ramadhan akan menjadi menyenangkan ^^

Screenshot-2018-5-6 Asa Ramdhani ( ramdhaniasa) • Instagram photos and videos(2)

Keempat, Persiapan Materi : persiapkan tabungan agar kita bisa memberikan amal terbaik kita di bulan dimana pahala kita akan dilipatgandakan..

Screenshot-2018-5-6 Asa Ramdhani ( ramdhaniasa) • Instagram photos and videos(3)

Hayuk kita siapkan keempat hal di atas  dari sekarang yaa ^^

Selanjutnya, ayo kita susun check list amalan harian kita :

puasa

Saya  membuat excel to do list ibadah harian untuk Ramadhan alias Ramadhan Check List, sobat bisa download file nya disini :  Ramadhan Check List.  Semoga bisa disiplin update excelnya agar kita bisa memonitor target2 ibadah harian kita 🙂

Anyway sudah banyak aplikasi android yang bisa menuliskan to do  list ibadah harian kita, it’s your choice to use it guys 🙂

Semangat sobat!  semoga Allah selalu menjaga dan melindungi kita semua aamiin..

Author: asa

Green lover ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s