Olahraga, Manfaatnya Tak Hanya untuk Raga tapi juga untuk Jiwa

WhatsApp Image 2018-07-29 at 7.07.59 AM.jpeg -sumber gambar : pixabay

“Mens sana in corpore sano” , kalimat dalam bahasa latin yang artinya  adalah “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”  ~ kalimat ini pertama kali saya dengar saat duduk di bangku SD belasan tahun lalu, dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia ^^

Jika jasmani kita sehat, pikiran dan rohani kita juga akan sehat. Tubuh yang sehat bisa kita dapatkan salah satu caranya dengan olahraga yang rutin. Slogan mens sana in corpore sano, membuat saya berkaca pada diri sendiri, selama ini rasanya kemampuan berpikir saya tidak sejernih dulu, mudah lupa akan sesuatu, dan fisik juga mudah lelah dan tidak fit. Yup! ternyata penyebabnya adalah saya tidak pernah berolah raga rutin hampir bertahun-tahun lamanya. Parah betul yaa 😦
So demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik, mulai hari ini saya bertekad setidaknya bisa berolahraga setiap hari minimal 15 menit. Untuk memotivasi dan pengingat diri, saya akan  mengabadikan tulisan tentang manfaat olahraga (exercise)  yang tidak hanya untuk raga, tapi juga untuk jiwa. Harapannya, postingan ini juga bisa memberikan manfaat bagi pembaca agar memiliki semangat mens sana in corpore sano 🙂

Ini adalah 13 manfaat exercise untuk kesehatan jiwa  yang saya baca dari sebuah artikel di huffingtonpost :

  1. Mengurangi stress
    Berkeringat karena olahraga dapat membantu mengelola stress fisik dan mental. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan konsentrasi norepinefrin, zat kimia yang dapat memoderasi respons otak terhadap stress.
  2. Meningkatkan hormon bahagia
    Olahraga dapat melepaskan hormon endorphin, yang menciptakan perasaan bahagia. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat meringankan gejala  orang yang depresi secara klinis.
  3. Meningkatkan kepercayaan diri
    Kebugaran fisik dapat meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan citra diri yang positif. Tanpa memperhatikan berat badan, jenis kelamin atau usia, olahraga dapat dengan cepat meningkatkan persepsi seseorang tentang daya tariknya.
  4. Menikmati keindahan lingkungan
    Berolahraga di luar ruangan seperti jogging di pagi hari membuat kita mendapatkan udara yang bersih dan  vitamin D yang didapat dari sinar matahari dapat mengurangi kemungkinan mengalami gejala depresi.
  5. Mencegah penurunan kemampuan berpikir
    Rutin berolahraga dan makan makanan sehat dapat membantu menopang otak melawan penurunan kognitif yang dimulai setelah usia 45 tahun, terutama antara usia 25 dan 45 tahun. Olahraga dapat  meningkatkan hormon di otak yang mendukung dan mencegah degenerasi dari hippocampus, bagian penting dari otak untuk memori dan pembelajaran.
  6. Mengurangi kecemasan
    Hormon yang dilepaskan saat berolahraga, dapat mengurangi kecemasan dan menjadikan seseorang menjadi tenang.
  7. Meningkatkan kekuatan otak
    Penelitian  menunjukkan bahwa latihan kardiovaskular dapat menciptakan sel-sel otak baru (neurogenesis) dan meningkatkan kinerja otak secara keseluruhan.
  8. Mempertajam daya ingat
    Aktivitas  fisik yang teratur dapat meningkatkan memori dan kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru. Berkeringat dapat meningkatkan produksi sel di hippocampus yang bertanggung jawab untuk memori dan pembelajaran.
  9. Membantu mengontrol kecanduan obat atau alkohol
    Otak melepaskan dopamine sebagai respons terhadap segala bentuk kesenangan, baik itu olahraga, seks, obat-obatan, alkohol atau makanan. Sayangnya, beberapa orang menjadi kecanduan dopamine dari zat yang menghasilkannya, seperti obat-obatan dan narkoba. Olahraga dapat membantu orang-orang yang menjadi pecandu untuk tidak memprioritaskan zat penghasil dopamine tersebut setidaknya dalam waktu yang singkat.
  10. Meningkatkan relaksasi
    Berolahraga sekitar lima hingga enam jam sebelum tidur meningkatkan suhu inti tubuh. Suhu tubuh kembali normal beberapa jam kemudian yang menandakan bahwa waktunya beristirahat bagi tubuh.
  11. Membuat lebih produktif
    Penelitian menunjukkan bahwa para pekerja yang meluangkan waktu untuk berolahraga secara teratur lebih produktif dan memiliki lebih banyak energi daripada rekan-rekan mereka yang  tidak melakukannya.
  12. Mendorong untuk menjadi kreatif
    Olahraga yang memompa jantung dapat meningkatkan kreativitas hingga dua jam setelahnya. Berolahraga di luar dan berinteraksi dengan alam dapat meningkatkan inspirasi pasca-olahraga.
  13. Menginspirasi orang lain
    Berolahraga bersama pasangan atau teman dapat membuat kita menjadi lebih bersemangat dan saling menginspirasi untuk konsisten melakukan exercise.

Terlihat sekali ya banyak betul manfaat berolahraga rutin. InsyaAllah mulai hari ini meniatkan diri agar bisa mengalokasikan waktu setiap harinya untuk melakukan exercises.  Sepertinya contoh exercise yang bisa kita lakukan setiap hari boleh juga diabadikan di halaman blog ini pada tulisan selanjutnya ^^

Semangat olahragaa! 

Author: asa

Green lover ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s