Bermanfaat Pribadi dan Sosial dengan Blogging

WhatsApp Image 2018-11-20 at 11.03.00 PM.jpeg

Assalamuálaikum sobat.. alhamdulillah setelah 3 bulan blog ini vakum, insyaAllah mulai hari ini dan 30 hari ke depan, saya niatkan untuk diisi kembali dalam rangka menerima challenge dari Blogger Perempuan Network (BPN) : BPN 30 DAY BLOGGING CHALLENGE 2018!

Anyway, ngga berasa 11 tahun sudah blog ini eksis di dunia maya. Ngga disangka juga blog ini bisa dipertahankan meski sering vakum beberapa bulan dalam setiap tahunnya :D. Jika kembali mengingat masa lalu, tujuan awal saya membuat blog adalah sebagai tempat menumpahkan curahan isi hati. Blog menjadi media curhat melalui tulisan yang dikemas sedemikian rupa yang di dalamnya berisi motivasi kepada diri sendiri. Rasanya plooongg banget pasca menulis di blog bahkan ada postingan yang saat menulisnya, saya sambil menangis bombay dan alhamdulillah jadi lega hati.

Seiring berjalannya waktu, mindset saya berubah. Pikir saya, sayang sekali jika blog digunakan hanya untuk tempat curhat yang manfaatnya untuk pribadi saja. Harus ada nilai manfaat yang lebih untuk kehidupan sosial, masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia tercinta, yaa setidaknya berharap ada manfaat dan nilai moral yang bisa didapat oleh pembaca dari blog ini. Oleh karenanya, alasan yang membuat saya bertahan untuk konsisten menulis di blog adalah:

  1. Blog bisa dijadikan sebagai media berbagi ilmu yang bermanfaat, baik untuk reminder pribadi maupun kepada sesama. Ini motivasi utama saya untuk menulis blog karena saya meyakini bahwa sharing ilmu apapun yang bermanfaat yang kita punya, insyaAllah kelak menjadi pahala yang tak akan terputus mengalir buat kita. Sesuai Hadits Rasulullah yang berbunyi: “Jika seseorang anak adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh.” (HR. Muslim).
  2. Ada kepuasan, kelegaan, dan kebahagiaan tersendiri yang dapat kita rasakan setelah menulis di blog, baik karena kelegaan menulis sambil curhat seakan-akan beban kita berkurang dan juga tulisan yang kita posting adalah suatu karya pribadi yang layak kita apresiasi karena kita telah mau meluangkan waktu dan pikiran untuk membuatnya.
  3. Menulis di blog bisa menjadi media belajar bagaimana menyampaikan opini, ide, atau gagasan yang terkonsep dan mudah dimengerti oleh orang lain.

So, penggunaan sosial media melalui blogging manfaatnya dirasakan tidak hanya untuk kita sendiri, tapi juga untuk orang lain, pembaca blog kita di luar sana. Dengan semangat berbagi dan memberikan manfaat, saya yakin kita semua akan termotivasi untuk selalu menyempatkan diri untuk menambah konten-konten positif di blog kita.

Happy Blogging 🙂

Author: asa

Green lover ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s